Aku Dan Teman Aku Dan Dia-dia Aku Dan Teman Smk Aku Dan Temanku Aku

Saturday, June 22, 2013

Ayam Goreng Krispi

Resep Ayam Goreng Krispi
Ayam goreng ala restoran terkenal banyak digemari. Di samping tepungnya yang renyah dan gurih, bumbunya begitu meresap sampai ke dalam daging ayam. Agar usaha ayam goreng krispi yang dijual meski murah dan terjangkau, ayam harus berbumbu sampai meresap. Kebanyakan ayam goreng ala resto Amerika di pasaran kurang memiliki rasa yang menggigit, bumbu kurang meresap, bahkan ayam cenderung menyusut kecil karena berkurangnya kadar air saat pemasakan.
Bumbu yang meresap ke dalam ayam dan rasa ayam tetap “juicy” (tetap mengandung air) membuat rasa ayam goreng lebih diminati. Karena alasan ekonomis, perlu juga diperhatikan untuk mencegah cairan ayam berkurang atau hilang saat pemasakan. Akibatnya ayam cenderung mengecil, kusut, dan bahkan terasa keras dan terlalu garing. Ayam goreng terkesan seolah digoreng berkali-kali.
Dengan cara pemasakan biasa menyebabkan ayam menjadi kecil sehingga memengaruhi harga jual dan penampilan serta rasa ayam, apalagi konsep penjualan ayam goreng krispi dengan menggunakan gerobak harus berharga murah. Menjual ayam dengan teknik khusus sehingga ayam tidak susut dan bumbu meresap sedap perlu teknik khusus. Teknik murah meriah dan bisa dilakukan di dapur sendiri.
Marinasi Paling Praktis
Marinasi selama ini paling sering digunakan di luar negeri untuk membuat bumbu meresap dengan benar ke dalam daging ayam. Membuat ayam berbumbu lebih sempurna meresap bisa menggunakan cara marinasi manual dengan menekan dan merendam ayam selama sehari semalam di kulkas atau dengan menggunakan mesin tumbler yang bisa dilakukan dalam beberapa jam saja.
Bahan utama untuk marinasi ayam yakni ayam yang sudah dipotong sesuai ukuran, garam, sodium tripolyphospate (fosfat makanan), campuran bumbu dan sorbitol untuk pemanis dan membuat permukaan semakin mengkilat.
Garam menjadi bagian penting yang akan membantu fosfat mempertahankan air yang keluar dan memasukkan bumbu dalam jaringan daging ayam. Aneka bumbu kering maupun segar menjadi penyedap untuk meningkatkan rasa ayam. Sorbitol seringkali ditambahkan untuk aplikasi chicken wing atau membuat rasa manis lebih meresap serta melindungi ayam dari kekeringan.
Membuat usaha ayam gerobak harus didesain sedemikian praktisnya dan akurat, sehingga rasa ayam tidak berubah-ubah. Agar praktis maka harus pembuatan bumbu instan cepat saji bisa menjadi ide alternatif untuk mempermudah dan mempercepat usaha ayam goreng gerobak.
Bumbu Instan Ayam Pedas
Bersihkan 1 kg ayam. Potong menjadi 12 bagian. Jenis dan banyaknya potongan akan menentukan harga dasar ayam goreng yang akan dijual. Jenis potongan yang didapat sebagai berikut.
  1. Sayap 2 buah
  2. Paha atas 2 buah
  3. Paha bawah 2 buah
  4. Dada bagian depan atas kanan kiri 2 buah
  5. Dada bagian depan bawah kanan kiri 2 buah
  6. Kerongkong belakang 2 buah
Aduk bumbu kering seperti dalam tabel sampai tercampur rata. Bumbu siap digunakan.
Masukan campuran bumbu kering ke dalam potongan ayam. Aduk sambil ditekan-tekan, sehingga bumbu meresap. Gunakan garpu untuk mempercepat proses pemasukan dengan bumbu dengan menekan-nekan bagian ujung garpu. Simpan ayam dalam kulkas selama 2 jam atau lebih.
Angkat ayam yang sudah diberi bumbu. Siapkan pengukusan, kukus selama 10 menit sampai ayam setengah masak. Tujuan memasak ayam adalah membantu proses pemasakan ayam agar tidak ada bagian darah yang keluar saat digoreng. Dinginkan, lalu simpan di kulkas atau freezer dalam kondisi terbungkus rapi. Ayam potongan siap diberi tepung bumbu.

No comments:

Post a Comment